Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS) — Suasana khidmat terasa di lapangan Komplek Pendidikan Islam Parigi (PIP) saat upacara gabungan berlangsung, Senin (13/10/2025). Upacara yang diikuti oleh berbagai satuan pendidikan di bawah naungan Komplek PIP ini diwarnai dengan amanat penuh makna dari pembina upacara, H. Muhran, S.Pd., yang mengangkat tema “Menata Niat dan Motivasi Diri untuk Belajar.”
Dalam amanatnya, H. Muhran, S.Pd., mengingatkan pentingnya niat yang lurus dalam menuntut ilmu. Ia menegaskan bahwa belajar bukan hanya untuk mencari nilai tinggi, tetapi juga untuk mendapatkan keberkahan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
“Belajarlah dengan niat yang baik, bukan karena ingin dipuji atau mengalahkan teman. Ilmu yang berkah lahir dari niat yang tulus dan usaha yang sungguh-sungguh,” ujar beliau dalam amanatnya.
Lebih lanjut, beliau juga menekankan pentingnya menumbuhkan motivasi diri agar semangat belajar tetap terjaga, baik di kelas maupun dalam kegiatan sehari-hari. Ia mencontohkan sikap disiplin saat pelaksanaan upacara bendera dan kekhusyukan dalam shalat Zuhur berjamaah sebagai bentuk nyata dari motivasi dan kedisiplinan yang perlu dijaga oleh para siswa.
Upacara gabungan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta, termasuk siswa/i MTsN 9 HSS yang hadir dengan penuh semangat. Salah satu peserta upacara, Muhammad Nafis, menyampaikan kesan positifnya terhadap amanat tersebut. “Saya merasa termotivasi setelah mendengarkan amanat tadi. Kadang kita lupa memperbaiki niat saat belajar, padahal itu yang paling penting. Saya jadi ingin lebih rajin dan ikhlas dalam menuntut ilmu,” ungkapnya.
Kegiatan upacara gabungan ini tidak hanya menjadi sarana menanamkan nilai kedisiplinan dan kebersamaan, tetapi juga menjadi wadah pembentukan karakter spiritual dan motivasi belajar bagi para siswa. Dengan amanat yang inspiratif tersebut, diharapkan seluruh peserta didik dapat menata kembali niatnya, menjaga semangat, dan terus berproses menjadi insan berilmu yang berakhlak mulia.
Fotografer: Sa'id Al
Writer: Sa'id Al
Editor: Sa'id Al