CfZbQfZaQYJZavGXZZdVJRQdgY4ezsH47LWSh0nQ

Guru : Tumbuhkan Minat Siswa Akan Budaya dan Sastra


Negara (MTsN 9 HSS) – “Tumbuhkan minat siswa akan budaya dan sastra” ujar Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia MTsN 9 Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj. Zainab, S.Pd.I saat berikan laporan usai mengikuti Bimbingan teknis (Bimtek) Kompetensi Bersastra di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten HSS, Rabu dan kamis (10 – 11 April 2019).

Zainab mengungkapkan pelaksanaan bimtek diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) diikuti oleh guru Bahasa Indonesia yang terdiri dari 15 guru MI, 5 Guru MTs, dan 3 guru MA, Selama Pelaksanaan bimtek guru dituntut dalam pengajarannya selalu berbahasa Indonesia dan menumbuhkan minat siswa akan budaya dan sastra.

“Sebagai guru bahasa kita dituntut agar selalu membiasakan bahasa Indonesia serta menumbuhkan minat peserta didik dalam membaca buku sastra dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan sastra dan budaya,”. ucapnya.

Kemudian Zainab menambahkan hendaknya setiap pembelajaran bahasa selalu diselingi dengan berbagai kegiatan yang menambah akan minat serta wawasan keingintahuan peserta didik akan ragam dan budaya yang kita miliki,

“Pembelajaran berwawasan kesatraan sudah kita jalani seperti drama, musikalisasi puisi maupun cerpen, tinggal penambahan berbagai macam kegiatan yang nantinya akan di terapkan drama teater agar lebih hidup dalam pengekspresian dan penghayatan akan nilai budaya sastra”. pungkasnya.

Kepala Madrasah (Kamad) Muhammad Taufik, S.Ag.,M.M.Pd mengapresiasi planing yang akan dilakukan oleh Guru Bahasa Indonesia dan berharap dengan diadakannya kegiatan ini mampu menumbuhkan budaya literasi bersastra kepada peserta didik.

“Perlu kita kembangkan dan kita lestarikan budaya dan sastra Indonesia agar siswa tahu betapa pentingnya keanekaragaman budaya yang kita miliki, semoga terlaksana dengan baik agar budaya kita selalu terjaga meski jaman terus berubah,” harapnya. (Rep:Humas / Ft:Jastan)
Related Posts
Humas
Website Official Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS)

Related Posts

Posting Komentar