CfZbQfZaQYJZavGXZZdVJRQdgY4ezsH47LWSh0nQ

Batamat Dalam Bingkaian Tradisi


Negara (MTsN 9 HSS) – “Batamat dalam bingkaian Tradisi” ujar Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 9 Hulu Sungai Selatan (HSS) Muhammad Taufik, S.Ag.,M.M.Pd saat meyampaikan sambutan dihadapan siswa-siswi dalam acara Khataman Qur’an gabungan siswa kelas VII dan VIII, Kamis (18/04/19) di ruang serba guna madrasah.

Dalam Sambutannya Kamad menyampaikan batamat biasa diebut oleh orang kalimantan yang artinya sudah tamat atau selesai belajar mengaji alquran dalam tradisi masyarakat suku banjar yang dimana didalamnya terdapat unsur budaya lokal dan luar.

“Pakaian dari timur tengah dan Payung kembang ini merupakan bingkain tradisi kita dalam batamat juga ada nasi ketan dan berbagai sajian lainnya yang nantinya akan kita bagi dan kita makan bersama,” ungkapnya.

Kemudian ditambahkannya meskipun dilaksanakannya dengan berbagai tradisi suku banjar tetap menjunjung tinggi nilai agama yang harus dihindari apabila bertentangan dengan agama. “Selama tradisi itu tak membawa mudharat dan tak bertentangan dengan agama kita, kita kenalkan dan lestarikan agar tetap terjaga agar budaya batamat terus terjaga di bumi antaluddin”, tegasnya.

Salah satu siswa Muhammad Nouval mengungkapkan merasa senang dengan adanya batamat dihiasi tradisi suku banjar ini membuat semaraknya akan khataman qur’an dalam pelaksanaannya. “saya sangat senang dan bangga dengan leluhur banjar dalam menyemarakkan kegiatan islam,”. Ungkapnya.

“Semoga dengan batamat ini membuat susasa dalam kegiatan belajar mengajar menjadi berkah dan kakak kelas kita dimudahkan dalam menghadapi unbk,” harapnya. (Rep/ Ft:Humas).









Related Posts
Humas
Website Official Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS)

Related Posts

Posting Komentar