CfZbQfZaQYJZavGXZZdVJRQdgY4ezsH47LWSh0nQ

Jumat Bersih, MTsN 9 HSS Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Madrasah

Kandangan (MTsN 9 HSS) – Dalam rangka melaksanakan kegiatan Jum’at bersih, warga Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Hulu Sungai Selatan (HSS) bergotong royong membersihkan lingkungan madrasah, Jum’at (11/02/22).

Kegiatan Jum’at bersih tersebut dilaksanakan dari jam ke-1 s.d jam ke-3 atau dari jam 07.30 s.d 09.00 WITA, dan diikuti seluruh warga madrasah yaitu seluruh siswa, guru (pendidik), tenaga pendidik, tenaga kepustakaan, kantin, dan petugas kebersihan.

Semua bergotong royong membersihkan lingkungan madrasah, baik di dalam ruangan kelas, di luar kelas, belakang kelas,  halaman madrasah, WC, kantin dan taman dari sampah yang berserakan baik dari sisa makanan, minuman, kertas yang tidak terpakai lagi dan dedaunan yang yang jatuh dan mengotori lingkungan madrasah  dengan dikoordinir oleh wali kelas dan guru.

Kepala MTsN 9 HSS Zainab, S.Ag, menerangkan kegiatan Jum’at bersih akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, sama halnya dengan kegiatan  rutin pengajian agama (kitab gundul) juga satu  bulan sekali.

Hal tersebut menurut Zainab, dilakukan untuk membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama di lingkungan madrasah, karena menjaga kebersihan itu hukumnya wajib, baik kebersihan badan, pakaian, maupun tempat,  termasuk lingkungan madrasah.

“Kalau lingkungan madrasah kita bersih dan rapi, kita akan merasa nyaman dan lebih bersemangat dalam melaksanakan segala kegiatan/aktivitas serta aman dan  terhindar dari berbagai penyakit, tertuma virus corona yang saat ini masih ada atau belum berkahir dan muncul dengan varian baru yaitu omicron,” ucapnya.

Lebih lanjut Kamad meminta kepada seluruh siswa, Pendidik (guru dan wali kelas) dan Tenaga Kependidkan (PTK) termasuk petugas kebersihan dan kantin untuk bersama-sama membersihakan sekitar lingkungan madrasah dengan sebaik-baiknya. “Mari kita sama-sama membersihkan lingkungan madrasah kita  supaya bersih, sehat, nyaman dan terlihat indah,” ajaknya.

Sementara Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kesiswaan M. Rasyid, S.Pd.I yang ikut  mengkoordinir siswa menambahkan, kegiatan Jum’at bersih bertujuan untuk menanamkan kesadaran kepada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat terutama di madrasah serta melatih agar siswa gemar bergotong royong  dan mencintai kebersihan.

“Kita sebagai muslim atau muslimah wajib mencintai dan menjaga kebersihan, baik badan, pakaian, maupun tempat, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” ungkapnya.

Related Posts
Humas
Website Official Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS)

Related Posts

Posting Komentar