CfZbQfZaQYJZavGXZZdVJRQdgY4ezsH47LWSh0nQ

Penuhi Kewajiban Akhir Semester Genap, Siswa Kelas IX MTsN 9 HSS Setor Hafalan Al-Quran

Kandangan (MTsN 9 HSS) – Untuk memenuhi kewajiban di akhir semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022, siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Hulu Sungai Selatas (HSS) menyetor hafalan Al-Quran kepada dewan guru atau penguji, Senin (21/02/22) di kantor dewan guru.

Menyetor hafalan Al-Quran tersebut bagi siswa kelas IX adalah kewajiban yang harus mereka tempuh sebelum mereka menamatkan pendidikannya di MTsN 9 HSS dan sebagai salah satu syarat untuk pengambilan ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) setelah mereka lulus dari Ujian Madrasah (UM) nanti.

Adapaun hafalan Al-Quran yang wajib mereka setorkan kepada dewan guru atau penguji ada 22 surah.

Kepala Tata Usaha (Ka. TU) MTsN 9 HSS Siti Mahmudah, S.Ag menerangkan lengkapnya setoran hafalan Al-Quran siswa kelas IX dibuktikan dengan lembar setoran hafalan Al-Quran yang sudah terisi lengkap dengan nilainya dan ditandatangani dewan guru penguji, wali kelas serta orang tua siswa. Adapun waktu penyetoran hafalannya sudah dimulai sejak akhir Januari lalu sampai batas waktu pengumuman kelulusan dan pengambilan ijazah serta SKHU nanti.

Mahmudah berharap kepada seluruh siswa kelas IX, agar sesegeranya menyetorkan hafalannya sebelum batas waktunya berakhir. “Agar sesudah UM dan kelulusan nanti tidak terkendala dalam pengambilan ijazah dan SKHU,” ucapnya.

Kepala MTsN 9 HSS Zainab S.Ag merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Ka.TU yang sudah mengingatkan para siswa kelas IX agar sesegeranya menyetorkan hafalan Al-Qurannya, demikian juga kepada dewan guru yang telah bersedia dan meluangkan waktu menjadi guru penguji sekaligus sebagai pentahsin (memperbaik bacaannya) baik makhrajul hurufnya, panjang-pendeknya atau Tajwidnya.

Kamad menjelaskan kegiatan hafalan Al-Qur’an tersebut adalah salah satu program madrasah dan sebagai salah satu syarat bagi siswa kelas IX untuk pengambilan ijazah dan SKHU sesudah kelulusan nanti. “Ini sesuai dengan visi dan misi serta tujuan madrasah kita diantaranya mewujudkan mutu lulusan yang bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitar,” jelasnya.

Sementara salah seorang siswi kelas IX-A Noranisa merasa bersyukur dan senang karena pada hari ini sudah bisa menyelesaikan seluruh kewajiban hafalannya sebanyak 22 surah, Ia mulai menyetor hafalannya sejak akhir Januari lalu. “Alhamdulillah saya sudah menyelesaikan kewajiban setoran hafalan saya seluruhnya kepada dewan guru atau penguji yaitu sebanyak 22 surah dan nilainya pun bagus sesuai yang diharapkan” pungkasnya. 

Penulis : Humas
Foto : Humas
Editor / Redaktur : badariah
Related Posts
Humas
Website Official Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS)

Related Posts

Posting Komentar