CfZbQfZaQYJZavGXZZdVJRQdgY4ezsH47LWSh0nQ

Jelang Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022, MTsN 9 HSS Gelar Sosialisasi

Kandangan (MTsN 9 HSS) – Menjelang pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar sosialisasi Ujian Madrasah kepada orang tua/wali siswa kelas IX  di ruang serbaguna MTsN 9 HSS, Jum’at (11/03/22).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Madrasah (Kamad) MTsN 9 HSS Zainab, S.Ag, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Kurikulum Jumran, S.Ag, Wakamad Kesiswaan M. Rasyid, S.Pd.I, Ketua Panitia Ujian Madrasah (UM) Norhidayah, S.Pd dan seluruh Wali Kelas IX serta orang tua/wali siswa berjumlah 113 orang.

Disambutannya Zainab mengatakan tujuan dari undangan sosialisasi ini juga tidak lain adalah  untuk saling bersilaturrahmi, karena selama Pandemi Covid-19 kegiatan silaturrahmi tidak bisa dilaksanakan secara penuh (full)  100 % dengan bertatap muka, karena dibatasi oleh protokol kesehatan.

“Hingga sekarang pun kita masih diharuskan menerapkan protokol kesehatan, meskipun kegiatan pembelajaran sudah berlangsung secara tatap muka, namun masih belum full seperti biasanya, karena Pandemi Covid 19 masih berlangsung dan  belum berkahir,” ujarnya.

Kamad menerangkan sosialisasi ini penting dilakukan khususnya kepada orang tua/wali siswa, agar orang tua/wali siswa mengetahui hal-hal berhubungan dengan Ujian Madrasah (UM) dan pentingnya peran mereka dalam kesuksesan menghadapi Ujian Madrasah yang akan dilaksanakan dari tanggal 21 s.d 31 Maret 2022.

Zainab menjelaskan Ujian Madrasah (UM) adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan madrasah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).  Ujian Madrasah merupakan ujian akhir program yang dilaksanakan para siswa kelas akhir pada setiap jenjang madrasah, dalam hal ini untuk jenjang MTs adalah siswa/i kelas IX semester genap dan merupakan salah satu syarat kelulusan.

Karena syarat kelulusan itu terangnya ada 3, yaitu menyelesaikan pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, syarat kedua, yaitu memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, dan syarat ketiga, yaitu mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang digelar setiap satuan pendidikan atau madrasah.

Selanjutnya Kamad mengimbau kepada orang tua/wali siswa agar ikut menjaga dan memperhatikan kesehatan anak-anaknya, apa lagi dimasa seperti saat sekarang ini agar di hari-H nya nanti anak-anak dapat mengikuti UM dengan  sebaik-baiknya tanpa ada kendala sedikitpun dan dalam keadaan sehat wal afiat.

Kamad juga mengharapkan agar orang tua/wali siswa dapat menjaga dan memperhatikan sikap atau perilaku anak-anaknya agar tetap baik/terpuji dan  tidak terjerumus kepada sikap atau perilaku yang buruk/tercela,  karena hal itu juga merupakan syarat kelulusan.

“Adapun penetatapan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan madrasah ditetapkan berdasarkan hasil  rapat dewan guru pada madrasah yang bersangkutan dan hasil Ujian Madrasah  diumumkan pada tanggal 4 Juni 2022,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Ujian Madrasah (UM) MTsN 9 HSS Norhidayah, S.Ag menjelaskan kepada orang tua/wali siswa bahwa Ujian Madrasah yang akan gelar nanti akan dilaksanakan secara online (daring) dengan berbasis Android/Handphone (HP), tidak menggunakan kertas pensil tetapi  tetap dilaksanakan di madrasah atau secara tatap muka.  Masing-masing siswa membawa HP dan bagi yang tidak punya HP atau HP nya bermasalah akan difasilitasi oleh pihak madrasah.

“Untuk Mata pelajaran yang diujikan ada 15 Mata pelajaran (Mapel) yang masing-masing materi diambil dari kelas 7 sebanyak 20 %, kelas 8 sebanyak 30 % dan kelas  9 sebanyak 50 %,” ungkapnya.

Untuk jenis ujian ada yang tertulis dan yang praktik dengan jumlah mapel sebanyak 2  mapel setiap harinya, meskipun ada sebagian yang 1 mapel  yaitu untuk ujian praktik, dengan alokasi waktu selama 2 jam setiap mapelnya. yaitu dari pukul 08.00 s.d 10.00 Wita  dilanjutkan dari pukul 10.30 s.d 12.30 Wita.

“UM akan dilaksanakan dari tanggal 21 s.d 31 Maret 2022 yang diikuti sebanyak 113 siswa dari kelas IX-A, IX-B, IX-C, dan IX-D dengan rincian 79 laki-laki dan 34 perempuan,” tukasnya

Related Posts
Humas
Website Official Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS)

Related Posts

Posting Komentar