CfZbQfZaQYJZavGXZZdVJRQdgY4ezsH47LWSh0nQ

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Kamad dan Pengawas Lakukan Supervisi Kunjungan Kelas

Kandangan (MTsN 9 HSS) – Dalam rangka meningkatkan kualitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Hulu Sungai Selatan (HSS) Zainab, S.Ag dan Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kan. Kemenag) Kab. HSS Drs.H.Birhasani, M.Pd melakukan supervisi kunjungan kelas, Selasa (15/03/22) di Ruang Kegiatan Belajar (RKB) VIII-C MTsN 9 HSS.

Guru Norhidayah, S.Pd yang mengajar Mata Pelajaran (Mapel) Matematika di kelas VIII-C pada mendapatkan kesempatan kunjungan kelas pada jam pelajaran pertama dan kedua dengan materi tentang Lingkaran.

Zainab menerangkan supervisi kunjungan kelas tersebut merupakan salah satu tugas dari Kepala Madrasah (Kamad) dan juga Pengawas Madrasah dalam rangka melakukan pembinaan kepada guru mata pelajaran,  supervisi guru itu bisa berbentuk supervisi administrasi dan bisa berbentuk kunjungan kelas.

“Tujuan supervisi kunjungan kelas untuk mengamati secara langsung proses pembelajaran di kelas dan mengetahui bagaimana performa guru dalam pembelajaran serta membantu guru mengatasi kesulitan dan masalah di dalam kelas serta meningkatkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa semakin baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Kamad memaparkan dengan supervisi kunjungan kelas dapat diketahui informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran, kelebihan dan kekurangannya, sehingga perlu diberikan bimbingan dan pembinaan  serta program tindak lanjut untuk pengembangan profesionalisme guru.

”Alhamdulillah pelaksanaan supervisi kunjungan kelas pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar, meskipun dalam kegiatan pembelajan tadi masih ada sedikit kekurangan/kesalahan, namun sudah diberikan masukan-masukan dan bimbingan oleh Pengawas Madrasah,” ucapnya

Pengawas Madrasah Drs.H.Birhasani,M.Pd memberikan bimbingan, saran-saran dan masukan-masukan serta menjelaskan aspek penilaian dalam supervisi kunjungan kelas tersebut dan diharapkan nantinya  akan menjadi perbaikan bagi guru dalam kegiatan pembelajaran sebagai proses pengembangan profesionalisme guru agar semakin mampu menyediakan layanan belajar yang berkualitas bagi peserta didik sehingga akan diperoleh hasil belajar peserta didik sesuai yang diharapkan.

Sementara Norhidayah, S.Pd mengatakan supervisi tersebut adalah yang pertama kalinya dilakukan dan dirinya berterima kasih kepada Kamad dan Pengawas Madrasah. “Banyak bimbingan, saran-saran dan masukan-masukan, sehingga saya mengetahui hal-hal yang masih kurang dan yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan pembelajaran, semoga kedepannya akan lebih baik dan lebih meningkat,” ujarnya.

Related Posts
Humas
Website Official Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Hulu Sungai Selatan (MTsN 9 HSS)

Related Posts

Posting Komentar